Tarja


Dia ibu rumah tangga biasa berputri tunggal. Memang pernah menjadi menteri untuk banyak bidang, mulai komunikasi sampai keuangan. Juga pernah menjadi anggota parlemen kota. Tapi dia tetap ibu rumah tangga biasa di negara yang hanya berpenduduk lima juta jiwa dan luas wilayahnya hanya seperempat pulau Jawa.
Kebetulan hari ini dia adalah presiden kesebelas sekaligus presiden perempuan pertama yang dimiliki oleh negara tempat perundingan perdamaian Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan republik ini. Dia dicintai dan dikagumi oleh rakyatnya justru karena dia adalah ibu rumah tangga biasai, seorang perempuan separuh baya yang bersahaja dan berkharisma. Oleh rakyat di negara tempat bercokolnya pabrik pembuat telepon seluler terbesar dunia ini ia disapa dengan nama kecil karena sikapnya yang hangat terhadap siapa saja. Dia disegani oleh politikus di negaranya meski ia adalah ibu rumah tangga biasa yang hobi melukis dan menguasai tujuh bahasa.
Tarja Kaarina Halonen adalah ibu rumah tangga biasa yang kebetulan presiden Finlandia.
* * *
Kata “ibu rumah tangga biasa” sengaja diulang-ulang agar kita tidak terpeleset dalam tipisnya perbedaan pengertian antara kodrat dan gender. Kodrat perempuan adalah hamil, menyusui dan menstruasi. Sedangkan gender (kata yang menunjukkan konstruksi sosial masyarakat) biasa dipakai untuk menegaskan peran dan posisi perempuan.
Lemah, tidak berdaya atau bertempat di “belakang” biasa dialamatkan kepada perempuan, padahal itu bukan kodrat, melainkan bias gender yang parah. Generasi satu dasawarsa terakhir mungkin sudah mulai melek gender, meski beberapa tingkat generasi di atasnya justru sering risih dan marah jika harus berdiskusi topik sensitif seperti gender. Tapi, “cerita” ini harus disebarkan kemana saja dalam setiap kesempatan sambil sesekali mencuplik inspirasi dari perempuan-perempuan hebat di penjuru dunia. Karena sampai sekarang saya masih percaya, nasib peradaban manusia ada di tangan perempuan. Semoga Anda juga.

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar