Kejujuran, Kebajikan yang Langka

Terlintas dalam benak saya sebuah pikiran yang sungguh menggugah nurani. Buah pikiranitu adalah: “Kebaikan yang terindah yang harus selalu saya katakan kepada orang lain adalah KEBENARAN”. Saya setuju! Saya kira banyak dari kita tidak akan membantah hal ini. Tetapi masalahnya sekarang ialah BAGAIMANA mengatakan kebenaran.sangat gampang dan menyenangkan bila kita mengatakan kepada seorang teman atau sahabat tentang kebenaran suatu berita yang membawa kepuasan dan ketenangan batin. Bila seorang pria mengatakan kepada seorang wanita yang disayangi bahwa dia sungguh cantik dan manis dalam pakaian yang sedang di pakainya, atau gaun yang di pakai itu cocok dan menarik perhatian. Banyangkan saja, apa yang terjadi….tampil percaya diri atau bisa salah tingkah…..! tida ada masalah!.
Coba katakan kepada seorang gadis yang wajahnya tidak ayu bahwa dia cantik….atau bahwa rambutnya bagi mayang terurai padahal keribo….atau kepada seorang lelaki yang tidak bisa menyanyi bahwa dia memiliki suara yang merdu. Ceritanya jadi lain. Apa benar? Bukankah pernyataan semacam itu justru menyakitkan hati atau membuat orang merasa diri minder atau jadi obyek olokan?
Sadar atau tidak, kita sering menyia-nyiakan banyak waktu dalam hidup ini dengan main topeng. Siapa mau menjadi pemain sandiwara topeng sepanjang hidup? Kita sering mengatakan sesuatu yang tidak kita maksudkan atau kita tidak mengatakan sesuatu yang kita maksudkan. Kita merasa jengkel atas perilaku seorang teman, tetapi kita tidak berani mengatakan secara jujur kepadanya. Kita mendiamkannya namun hati dan pikiran kita tetap terusik…. Kita lalu bersikap pura-pura mengatakan bahwa dia orang baik.
Seorang gadis tidak lagi mencintai pemuda yang sudah lama menjadi pacarnya. Dia takut menyakiti hatinya atau melukai perasaannya. Dia lalu bersikap dan bertingkah seakan-akan tidak ada yang mengganjal hatinya. Mengapa tidak terus terang? Seorang suami mempunyai hubungan intim dengan seorang wanita lain. Istrinya tidak mau peduli dengan perilaku sang suami. Suami tahu tetapi tidak sadar bahwa sang istri tidak peduli, lalu suminya tetap saja meneruskan perbuatannya seolah-olah tidak problem. Bayangkan dua orang dalam suasana konflik tetapi mereka berpura-pura baik dan mesra di hadapan orang lain ….. lagi-lagi tarian topeng di atas panggung kehidupan berlanjut. Mengapa tidak terus terang?
Sungguh benar, “kejujuran adalah suatu kebajikan yang langka”. Mengapa? Karena mempunyai seseorang yang jujur, terus terang dan keras bahkan kasar dapat menjadi suatu pengalaman traumatik. Saya kira jarang bahkan tidak seorangpun akan merasa senang bila terungkap suatu kebenaran yang tidak menyenangkan hatinya. Siapa senang mendengar hal-hal yang tidak menyenangkan tantang diri sendiri – khususnya yang dikatakan itu benar? Memang tidak gampang menerima kenyataan dan menyukai orang yang terus terang, jujur dan berani mengungkapkan hal-hal yang orang lain tidak suka dengar. Tentu saja, saya tidak menunjuk kepada orang yang mau membalas dendam. Maksudnya ialah bahwa orang yang menaruh perhatian ikhlas, sering mengalami kesulitan untuk menyatakan kebenaran, padahal ia melakukannya justru karena rasa tanggung jawab. Seorang memberi teguran kepada temannya karena pola tingkah lakunya yang tak karuan membangkitkan amarah teman, akibatnya ia kehilangan persahabatan. Padahal tujuannya sangat murni yaitu membantu temannya menjadi baik dan membangun persahabatan yang lebih dinamis.
Orang yang tidak puas dengan kadar cinta yang dicapainya, tetapi yang selalu berupaya dari hari ke hari untuk memperdalam cintanya adalah orang yang jujur terhadap diri sendiri dan sesama.
“Berikan aku Cuma seorang seperti ini, dan saya akan menjadi manusia yang kaya dalam hidup.”
Di atas landasan “Kejujuran”, kita membangun ”Kepercayaan” dan ”Kasih” adalah nafas kehidupan kita. (Rm. Thoby M Kraeng, SVD)

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar