Kembali Hidup Sehat dengan Nasi Jagung

Sejak 8 tahun terakhir, Stefanus Soedjari (50) umat paroki Kristus Raja ini rutin mengkonsumsi nasi jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Sakit diabet yang dideritanya membuat ayah 2 anak, Vincentius Indra Prasetya (30) dan Vincentia Tanti Puspitasari (25) ini harus mulai mengatur pola makan. Makanan yang mengandung beras dan gandum jelas menjadi pantangannya sekarang. Meskipun begitu, Soedjari masih nampak segar dan bugar.

Yuliana Indriati (40) sang istri, memiliki andil dan peran besar dalam kehidupan Soedjari sehari-hari, termasuk mendukungnya untuk kembali pada pola hidup sehat. Dialah yang setiap hari dengan telaten membuat nasi jagung untuk Soedjari. Pasangan ini hanya tinggal berdua di rumahnya. Satu anaknya telah menikah dan memiliki keluarga baru, dan seorang yang lain tinggal dan menetap di luar kota untuk bekerja. Kondisi ini yang membuat keduanya menjadi lebih peduli dan saling mendukung satu sama lain.

Kendati telah dinyatakan mengidap sakit tersebut, Soedjari, pria yang masih aktif dengan usaha bengkelnya ini, merasa masih perlu untuk memperbaiki pola hidupnya. Terbukti dengan usahanya untuk berhenti merokok, meskipun pada akhirnya hal ini yang menyebabkan munculnya diabet yang ia derita sekarang. Kebiasaan merokok ia gantikan dengan mengulum permen. Hal inilah yang justru menyebabkan kadar gula di dalam tubuh semakin meningkat. Namun, ia masih yakin tidak ada kata terlambat untuk kembali pada pola hidup sehat.

Untuk mendukung usaha ini, Yuliana sedikit banyak mengikuti pola makan suaminya. Sejauh ini, usaha Soedjari dengan dukungan sang istri cukup membuahkan hasil. Tidak banyak keluhan yang dirasakan akibat sakitnya itu. Sedikit banyak ia menitipkan pesan bagi keluarga-keluarga lain agar memulai untuk mengatur pola makan sebelum sakit. (*) M. Ch. Kartika

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar