Rumah Tempatnya Cinta

Salam Damai Kristus,

Pembaca yang budiman, rumah sering menjadi simbolisasi dari kemandirian dan kemapanan sebuah rumah tangga. Keluarga muda yang telah memiliki rumah sendiri kerap dipandang berhasil melewati satu fase yang lumayan berat. Kebutuhan akan rumah sebagai pusat kehidupan rumah tangga tak ayal menjadi kebutuhan wajib bagi setiap keluarga muda.

Tapi, kami tak hendak membahas rumah secara fisik bangunan, melainkan pada fungsi utamanya sebagai tempat dimana segala cinta, kehangatan, keteladanan dan keharmonisan bertumbuh. Seperti sebuah istana kerap dipandang sebagai pusat keindahan, rumah juga pantas disebut sebagai pusat cinta yang kelak menyeruak dan menghinggapi semua penghuni rumah dan manusia-manusia di sekitarnya.

Rumah juga dapat menjadi “benteng pertahanan” dari riuhnya dunia yang menawarkan kenikmatan, mentalitas instan, individualis, dan konsumtif. Di dalam rumah, segala kebajikan dan keutamaan hidup disemai sebagai bekal menjalani hidup keseharian. Seperti dikatakan Benjamin Franklin, rumah bukanlah rumah kecuali ia memberi “makanan” bagi jiwa, pikiran dan tubuh, maka rumah yang sehat adalah rumah yang beratap cinta dan kasih sayang, yang dengannya, hidup kita disempurnakan menjadi pribadi yang ugahari dan berkualitas.

Di edisi ini kami juga hadirkan potret keluarga-keluarga Katolik yang terdesak sesaknya kota dan menjalani hidup serba kekurangan dalam rumah-rumah petak di bawah jalan tol di pinggiran Surabaya. Potret suram ini akan memberi makna baru tentang hakikat dan fungsi rumah bagi keluarga.

Tokoh kita kali ini adalah pakar tata ruang kota yang akan mengupas permasalahan perumahan di Surabaya. Pandangan-pandangannya tentang konsep kota yang ramah dan egaliter akan dilengkapi dengan pandangan seorang arsitek muda berpengalaman.

Selamat membaca, semoga menginspirasi. 

Yudhit Ciphardian 

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar