Makin Vegetarian Makin Dekat dengan Tuhan

Beraneka ragam jenis tanaman menyambut Harmoni dengan hangat ketika tiba di rumah pasangan Suryadi Setjahyono (65 tahun) dan Susilawati (57 tahun). Rumah yang tampak asri itu memberi gambaran kecintaan pemiliknya terhadap kehidupan.

Bapak yang senang mempelajari berbagai macam ilmu agama ini mengungkapkan memilih untuk menjadi vegetarian karena ingin dekat dengan Tuhan, Sang Pemilik Kehidupan.

Sejak usia 25 tahun, Suryadi telah menjadi vegetarian murni. Ia tidak makan daging, susu, telur, dan bahan apapun yang mengandung unsur hewani. Alasannya sangat dalam, Ia ingin semakin mendekatkan diri dengan Tuhan. Sang istri yang telah menemani selama 36 tahun juga memiliki pola makan yang sama meski tidak murni menjadi vegetarian. Ibu yang murah senyum ini mengaku pola makannya berubah semenjak berpacaran dengan Suryadi.

“Waktu pacaran dulu, melihat pacarnya tidak makan kan tidak enak, jadi lama-lama mencoba makan makanan yang bisa sama-sama dimakan. Sekarang, saya makan apa yang saya sediakan bagi Bapak,” tutur wanita asli Cepu ini.

Suryadi mengungkapkan bahwa menjadi vegetarian memberi banyak keuntungan. Secara rohani, aliran darah yang bersih dan tidak mengandung unsur hewani akan membuat tubuh terbebas dari 'polusi'(baca: hawa nafsu), pikiran menjadi tenang, dan perasaan menjadi lebih peka. Secara jasmani, tubuh menjadi sehat karena makanan yang dikonsumsi tinggi serat dan bebas kolesterol.

Susilawati mengaku tidak mempunyai strategi khusus dalam memasak. Setiap masakan diolah seperti biasa tapi tanpa unsur hewani. “Kadang masak gulai tahu/tempe, rawon tahu/tempe, oseng-oseng jamur, bahannya saja yang diganti,” ujar umat paroki Salib Suci ini.

“Tidak perlu menunggu lama untuk mulai jadi vegetarian. Bila ingin mengenal Tuhan lebih dekat silahkan langsung dicoba dengan waktu sebentar kemudian baru ditambah secara bertahap,” demikian Suryadi menutup obrolan. (*) M. Ch. Reza Kartika

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar