Makin Beragam, Makin Kaya Budaya

Setelah kontak beberapa kali namun tidak pernah bertemu langsung, Harmoni akhirnya berhasil menjumpai Marian Rosidi (42) wanita aktif salah satu pemilik Diamond Dance Group yang sangat padat aktivitasnya ini.

Memiliki ayah seorang pelaut yang seringkali harus bepergian ke banyak tempat membuat wanita kelahiran Surabaya ini tumbuh dalam pendidikan yang sangat liberal. Meski kedua orangtuanya masih memiliki garis keturunan Tionghoa, Marian tidak pernah dibiasakan untuk belajar dan menghidupi tradisi Cina. Itulah mengapa, keluarganya tidak pernah merayakan Tahun Baru Cina secara khusus. Bebas, terbuka, dan menghormati pilihan orang lain adalah kultur yang selalu dibangun dalam keluarganya.

Tak heran bila keberagaman bukan barang asing baginya. Anak kedua dari empat bersaudara perempuan ini bercerita bila kakaknya yang pertama (sekarang tinggal di Palu), menikah dengan pendeta asli Toraja. Adik perempuannya yang ketiga menikah dengan pria keturunan Indonesia-Jerman, sedangkan adiknya yang terakhir menikah dengan pria Jawa sama seperti dirinya.

Meski mengaku tidak memiliki cerita unik di dalam keluarga besarnya, Istri dari Edwin Eriyanto (47) ini dengan bersemangat bercerita tentang suasana saat keluarga besarnya berkumpul. Gaya bicara dan penyebutan istilah tertentu yang berbeda dari masing-masing daerah sempat menjadi bahan bercanda di keluarga besarnya.

Tentang menu makanan yang biasa disantap ketika berkumpul, Ibu dari Narulita Josefa Eriyanto (13) dan Pierre Edward Eriyanto (6) ini mengungkapkan, “biasanya kalau kumpul, kami makan di luar. Kami makan masakan chinese food atau makanan apa saja yang semua suka. Suami adik saya yang Indo-Jerman juga suka masakan Indonesia. Dia sangat Indonesia,” imbuhnya dengan tersenyum.

Umat Paroki Santa Maria Tak Bercela, Ngagel ini memaknai keberagaman sebagai hal yang makin melengkapi. “Dengan keberagaman kita akan semakin kaya dalam pengetahuan dan budaya,” tutur wanita yang hobi menari, main musik, dan olah raga ini. (*)

M. Ch. Reza Kartika

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar