Menerima Perbedaan, Memperkaya Tiap Pribadi

Hangat, bersahabat, dan terbuka, itulah kesan yang tampak ketika berkun jung ke kediaman pasangan Youdy Poluakan (36) dan Erry Dianna (36).  Keluarga besar umat paroki St. Stefanus ini sangat beragam. Erry bercerita bila adiknya yang kedua menikah dengan pria yang asal Flores dan adiknya yang ketiga menikah dengan pria Batak. Erry sendiri, yang Jawa tulen, menikah dengan Youdy yang asli Manado pada 5 September 1999 silam.

“Perbedaannya tidak terlalu mencolok karena mereka sudah lama tinggal di Surabaya. Jadi, kebiasaannya juga hampir sama, bahkan bisa berbahasa Jawa juga,” tutur Ibu dari Santa Theresia/Bunga (8), Santa Sisilia/Bening (6), dan Santa Lusia/Biru (4) ini. Meski demikian, Erry sempat ingin mengubah kebiasaan yang tidak disukainya dari sang suami, yaitu nada bicara keras. “Sebetulnya Kak Oudy bukan marah, tetapi nadanya saja yang keras jadi seperti sedang marah. Waktu pacaran, rasanya ingin sekali mengubah kebiasaannya itu tetapi hingga hari ini kami satu sama lain tidak saling terpengaruh. Tidak ada yang berubah,” ujar wanita yang berpacaran dengan Youdy sejak SMA .

Wanita karier yang suka sekali mengikuti program self healing ini mengungkapkan kuncinya ia temukan ketika membaca sebuah kalimat bijak “jangan punya keinginan mengubah apapun, tetapi terimalah perbedaan apapun”.

“Setelah membaca itu, kami mulai belajar menerima setiap perbedaan. Ketika semua hal itu diterima dengan lapang hati, kami merasa lebih 'ringan' untuk menjalani hidup yang lebih baik,” ungkap wanita yang hobi membaca ini.

Bagi keluarga ini, keberagaman makin memperkaya tiap pribadi di dalamnya. Bagaimana tidak? Keberagaman telah mengantar keluarga ini memiliki lembaga musik dan seni “Crescendo” di jalan Manukan Tengah 9 Km No. 6. Lembaga ini dikelola semua anggota keluarga. Dalam keberagaman, mereka saling mengisi satu dengan yang lainnya. Keberagaman membuat mereka terus bergerak maju. (*)

M. Ch. Reza Kartika

Tidak ada komentar:

Kirim email


Nama
Alamat email
Subject
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Klik Dapat Dollar

Menjadi member Paid To Click

Klik Dapat Dollar